Innalilahi.. Jalan Tol Layang Ambruk Miring Gara-Gara Dilintasi Truk Muatan 198 Ton



JAKARTA - Jalan tol layang ambruk miring di Ezhou Ezhou, Provinsi Hubei, China Tengah akibat dilintasi truk muatan 198 ton.

Melansir Global Times, insiden ini terjadi pada Sabtu 18 Desember 2021 dan menyebabkan empat orang tewas.

Dilaporkan, kemiringan jembatan hampir 90 derajat sehingga menghancurkan satu mobil yang melintas di bawahnya.

Para ahli menjelaskan, pihak berwenang harus meningkatkan standar untuk keselamatan jembatan karena masalah kelebihan beban yang memburuk.

Saksi mata, bermarga Wang yang mengemudikan mobil tertimpa jembatan mengatakan, dia dan dua temannya memecahkan kaca belakang dan melarikan diri setelah jalan tiba-tiba jatuh menabrak bagian depan.

Saksi lainnya mennjelaskan, satu truk yang jatuh berbobot 198 ton, hampir empat kali berat maksimum jembatan yang mencapai 49 ton.

Adapun Li Faxiong, peneliti di Research Institute of Highways di Kementerian Transportasi memaparkan, tragedi itu terjadi karena truk bermuatan berat atau jalan layang.
Truk itu jelas melanggar peraturan, karena tidak meninggalkan jalan tol di stasiun tol yang seharusnya. Kemiringan jalan layang bukan berarti desain atau konstruksinya tidak memenuhi standar atau peraturan, tapi hal itu menunjukkan bahwa berat truk 198 ton melampaui redundansi keamanannya," ujarnya.

Departemen transportasi di Hubei dan Shaanxi, China sedang menyelidiki kasus ambruknya jembatan layang tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, kelebihan muatan dan kecepatan telah menjadi penyebab banyak kecelakaan, termasuk jembatan dan jalan runtuh dan kecelakaan mobil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel