Dikira Bom, Ternyata Dentuman Keras di Kampar Berasal dari Suara Ini


Dikira Bom, Ternyata Dentuman Keras di Kampar Berasal dari Suara Ini
Ilustrasi

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Suara dentuman dari atas langit di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau menghebohkan masyarakat setempat, Rabu (15/12/2021) sekitar pukul 10.30 WIB. Warga menduga, suara keras itu berasal dari ledakan bom.

Setelah ditelusuri, ternyata dentuman keras itu berasal dari suara sonic boom pesawat tempur F-16. Pesawat yang bermarkas di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru itu sedang melakukan uji terbang.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Andi Kustoro, mengatakan, suara dentuman itu, disebut pula dentuman sonic, atau sonic boom yang dikeluarkan oleh mesin pesawat tempur F-16 dalam rangka Functional Check Flight (FCF).

"Tadi pagi pesawat F-16 lakukan test flight untuk mencoba pesawat selesai melaksanakan pemeliharaan baik mesin pesawat maupun alat kemudi atau flight control pesawat serta sistem-sistem lainnya," ujar Andi, Rabu siang

Andi menjelaskan, uji coba pesawat F-16 itu salah satunya adalah terbang di atas kecepatan melebihi suara pada ketinggian 40.000 kaki (feet) sampai pada kecepatan 1,4 mach number atau 1,4 kali kecepatan suara.

"Uji terbang mesin pesawat yang terdengar bukan berasal dari darat, melainkan dari ketinggian 40 ribu kaki dengan radius 5 - 25 nautical mile," tutur Andi.

Andi berharap masyarakat Provinsi Riau, khususnya Kampar untuk mengetahui hal tersebut sebagai pengetahuan tentang sonic boom.

"Uji terbang mesin pesawat pada ketinggian tersebut, merupakan sesuai dengan standar," kata Andi.

Penulis:CK2
Editor:Jef Syahrul
Kategori:PeristiwaKabupaten Kampar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel