Momen Mengharukan, Nenek Ini Minta Digendong Anaknya Sampai Tertidur


Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu kunci membahagiakan mereka. Berbakti kepada orang tua juga dapat dicoba dengan bermacam mcam, semacam membuatkan teh untuknya, merawatnya kala sakit, ataupun dapat pula dengan menemani mereka hingga tidur lelap.

Sperti video seseorang anak pria yang memangku serta memeluk si bunda sampai tertidur lelap yang viral di media sosial. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram@ndorobeii nampak seseorang bunda berambut putih menggunakan daster motif tengah tertidur lelap di dekapan anak lelakinya.

Tangan kanan serta kiri bunda itu merangkul serta memeluk badan anaknya. Si anak yang tidak menggunakan kaos nampak memangku ibunya yang telah renta di suatu kursi gelap. Kemudian kedua tangannya menopang badan perempuan yang telah melahirkannya itu.

” Tidur, nyatanya memohon digendong,” ucap suara dalam video tersebut.

” Seseorang bunda memohon digendong anaknya serta terlelap dalam tidurnya,” tulis penjelasan dalam video itu.

Video tersebut sukses menyorot atensi netizen yang menontonnya. Mereka terharu sekalian pilu dengan video tersebut.

” Dahulu anaknya yg digendongan ibunya, respect sih buat ayah ini,” kata seseorang netizen.

” Sayangi ibumu sebagaimana dia menyayangimu diwaktu kecil,” timpal yang lain.

” Panorama alam semacam ini membuat mataku menangis,” kata yang lain.

Mudah- mudahan kita senantiasa dapat menyempatkan waktu buat berbakti kepada orang tua. (viralpedia)

5 Hadis Tentang Ibu dan Pentingnya Berbakti Kepadanya

1. Pentingnya Berbakti kepada Ibu yang Disebut Tiga Kali

Dalam hadis riwayat Abu Hurairah Radiyallahu’annhu, Rasulullah menyuruh kita untuk berbuat baik tiga kali lebih besar kepada ibu dibanding bapak.

“Seseorang datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakan aku harus berbakti pertama kali?’. Nabi SAW menjawab, ‘Ibumu’. Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’, Nabi SAW menjawab ‘Ibumu’.

Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’, beliau menjawab ‘Ibumu’. Orang tersebut bertanya kembali, ‘ Kemudian siapa lagi,’ Nabi menjawab ‘Kemudian ayahmu’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Imam Al-Qurthubi mengungkapkan bahwa hadis tersebut memiliki arti bahwa kita harus mencintai dan menyayangi ibu tiga kali lipat lebih besar dibandingkan seorang ayah.

Sebab keutamaan mengandung, melahirkan, dan menyusui hanya dimiliki oleh ibu dan tak bisa digantikan oleh ayah.

2. Ridha Allah Terdapat pada Ridha Ibu

Dalam menjalani kehidupan, kita akan melakukan banyak hal dan memiliki banyak keinginan. Tentu tanpa ridha Allah, keinginan tersebut tak akan pernah terwujud. Sebuah hadis menerangkan bahwa ridha Allah bergantung kepada ridha orangtua, khususnya seorang ibu.

“Ridha Allah terdapat dalam ridhanya kedua orangtua (ibu bapak) dan murka Allah terdapat dalam murkanya kedua orangtua,” (HR At-Tirmidzi)

Banyak sekali bukti nyata bahwa dengan menghormati dan menyayangi orangtua, serta mendapatkan restu khususnya dari Ibu, maka jalan kita akan dimudahkan. Doa ibu juga dikatakan sebagai doa yang paling manjur jika berkaitan dengan anaknya.

3. Hadis Tentang Diharamkan Durhaka kepada Ibu

Rasulullah pernah berpesan kepada kepada Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib untuk mencari seseorang bernama Uwais al Qarni. Uwais al Qarni adalah seorang yang sangat memuliakan ibunya.

Ibunya sudah tua dan lumpuh. Uwais dengan setia merawat dan memenuhi segala permintaan ibunya.

Suatu hari ibunya ingin mengerjakan haji, namun sayangnya keluarga Uwais adalah keluarga miskin yang tak memiliki banyak harta sehingga tak bisa membeli kendaraan untuk pergi berangkat haji.

Uwais kemudian membeli anak lembu dan menggendongnya setiap hari bolak balik menuruni bukit. Orang-orang menertawakan perbuatannya.

Setelah beberapa bulan berlalu, Uwais menjadi seorang yang kuat dan ototnya besar. Ternyata ia menggendong lembu sebagai latihan untuk menggendong ibunya.

Uwais pun menggendong ibunya berjalan kaki ke Mekkah. Saat menjalani ibadah haji, Uwais berdoa kepada Allah untuk mengampuni semua dosa ibunya. Allah pun mengabulkan keinginannya.

Dalam ceritanya mengenai Uwais kepada Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah mengharamkan atas kamu, durhaka kepada ibu dan menolak kewajiban, dan meminta yang bukan haknya, dan membunuh anak hidup-hidup, dan Allah membenci padamu banyak bicara dan banyak bertanya demikian pula memboroskan harta,” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Kewajiban Berbuat Baik Kepada Ibu

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, ada sebuah hadis yang menjelaskan mengenai kewajiban berbuat baik kepada ibu.

“Sesungguhnya Allah berwasiat 3x kepada kalian untuk berbuat baik kepada ibu kalian. Sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada ayah kalian, sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada kerabat yang paling dekat kemudian yang dekat,” (HR. Ibnu Majah)

Betapa tingginya kedudukan seorang ibu di hadapan Allah sehingga kita diwajibkan berbuat baik kepada ibu dalam tiga kali wasiat dari Allah.

5. Surga di Telapak Kaki Ibu

Beberapa hadis pun mengingatkan kita untuk selalu hormat dan berbakti kepada ibu. Jika diibaratkan, surga berada di telapak kaki ibu.

“Bahwasanya ia (Mu’awiyah bin Jahimah) datang kepada Nabi SAW, lalu ia berkata, ‘Wahai Raslullah, aku ingin berperang dan aku datang untuk meminta petunjukmu.’. Nabi SAW bersabda, “Apakah engkau memiliki ibu?’, ‘Iya’. ‘Menetaplah dengannya karena sungguh surga di bawah kedua kakinya.” (HR. Ibnu Majah, An-Nasa’i, Ahmad, Ath-Thabrani).

Itulah 5 hadis tentang ibu yang dapat senantiasa menjadi pengingat kita semua untuk selalu hormat dan berbakti kepada ibu. Sesungguhnya ibu adalah alasan mengapa kita bisa berada di dunia ini sehingga sepatutnya kita hormat kepadanya. (sumber: id.theasianparent)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel