Menurut Imam Ghazali, Telinga Berdengung Tanda-tanda Kematian

 






 — Allah SWT memang merahasiakan waktu kematian seseorang. Namun Allah memberikan tanda-tanda tentang kematian. Hanya saja ada banyak dari kita yang tidak menyadari tanda-tanda tersebut. Hal ini biasa disebut dengan firasat.

Menurut Imam Al-Ghazali, tanda-tanda kematian seseorang bisa dikenali. Tanda-tanda tersebut menandakan bahwa ajal seseorang semakin dekat. Salah satunya telinga yang berdengung.

Mengenai tanda kematian ini dialami sendiri oleh Imam Ghazali yang kemudian diriwayatkan. Pada 100 hari terakhir, Allah SWT akan memberikan momen peringatan bagi manusia sebelum dicabut nyawanya.

Tanda tersebut berupa bergetarnya sejumlah anggota tubuh secara mendadak, kemudian tubuh akan terasa dingin dan menggigil menjelang waktu Ashar.

Sementara pada 40 hari terakhir, pertanda ajal semakin dekat dilihat dari getaran dan denyutan pada pusar menjelang waktu Ashar. Selain itu, akan terasa jika telinga sering berdengung pada beberapa hari terakhir menjelang kematian.

Tanda 7 hingga 3 hari sebelum ajal mendekat ialah meningkatnya nafsu makan diakhiri dengan menurunnya nafsu makan di tiga hari terakhir. Mata pun akan tampak layu dan pudar sementara hidung dan telinga mulai melayu.

Manusia juga akan mengalami kesulitan berdiri dan merasakan denyutan di kepala atau ubun-ubun saat waktu Ashar terakhir. Setelah itu manusia mulai merasakan hawa dingin mengaliri tubuhnya dimulai dari bawah hingga ke atas kepala atau ubun-ubun.

Allah SWT berfirman: Allah SWT berfirman: Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Luqman: 34).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel