Lebih Mujarab Dari Micin, Cuma Tambahkan Air Kelapa saat Memasak Soto, Hasilnya Langsung Bikin Nagih, Resto Terkenal Kalah!


Soto adalah salah satu masakan nusantarayang jadi favorit banyak orang. Tak heran, masakan ini juga jadi salah satu primadona masakan rumahan yang juga sering dibuat. Selain rasanya yang menyegarkan, soto juga mempunyai rasa gurih yang bisa membangkitkan selera makan. Namun, rasa gurih tersebut terkadang didapat dari tambahan micin.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan rasa gurih tanpa micin, bisa lho mengganti air kuah soto dengan air kelapa. Mungkin terdengar aneh, namun Anda akan merasakan hasilnya sendiri! berikut ulasannya

Manfaat Air Kelapa untuk Masakan

Sesekali saat membuat soto, coba deh gunakan air kelapa. Anda pasti akan dibuat kaget karena rasa kuah soto yang jadi makin sedap. Ada rasa gurih dan sedikit rasa manis dari air kelapa. Aroma kuah juga makin sedap. Untuk membuatnya, gunakan saja air kelapa untuk kuahnya.   Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan air putih lagi.

Atau jika Anda membuat soto yang berkuah santan, Anda bisa menggunakan air kelapanya untuk memeras santan.

Nah, kini tahu kan kalau ada banyak cara membuat kelezatan makanan makin maksimal, salah satunya dengan air kelapa. Jangan ragu saat mengolahnya.

Buat makanan di rumah makin spesial dengan sedikit modifikasi dari air kelapa. Anda juga bisa mencobanya pada nasi kuning atau nasi uduk sebagai air pengganti untuk memeras santan.

Selain itu, air kelapa juga bisa Anda memiliki kegunaan untuk proses memasak lain.

1. Mengempukkan Daging

Pasti banyak yang belum tahu kalau air kelapa bisa berfungi untuk mengempukkan daging. Itu sebabnya banyak resep ayam goreng, ayam bakar sampai daging ungkep yang menggunakan air kelapa. Daging jadi terasa lebih lembut dan tidak seret saat dimakan.

Cara menggunakannya mudah.

Ganti saja jumlah air untuk mengungkep daging dengan air kelapa. Tenang, aroma air kelapa tidak akan terasa karena tertutupi dengan aroma rempah dalam bumbu.

2. Memberi Rasa Manis Alami

Air kelapa punya rasa manis alami yang menyenangkan di lidah. Tidak sekuat gula memang. Rasanya lembut saja di lidah.

Nah, rasa manis air kelapa ini nikmat kalau ditambahkan dalam bumbu pencelup ayam goreng atau bahan kremesan. Dijamin, makin nikmat.

Untuk mendapatkan rasa manis ini, gunakan air kelapa muda. Semakin muda, air kelapa akan makin manis dengan rasa asam hanya sedikit. Sebaliknya, kalau tua, air kelapa sudah terasa asam.

3. Memberi Aroma

Aroma air kelapa akan terasa sedap dan menonjol kalau diolah jadi puding. Ganti saja air putih dalam resep jadi air kelapa. Aroma dan rasa puding pun akan meningkat Pastikan menggunakan air kelapa muda supaya rasa manis alaminya pun akan terasa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel