Jangan Dibuang Dulu! Air Kelapa Tua Ternyata Punya Manfaat Tak Terduga Dibanding Air Kelapa Muda, Nyesel Baru Tahu Sekarang


 kesehatan. Bahkan air kelapa muda juga sering dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Hal inilah yang membuat air kelapa tua kerap dibuang begitu saja. Ya, biasanya kelapa tua hanya dimanfaatkan dagingnya saja sebagai santan. Namun ternyata air kelapa tua juga memiliki khasiat yang tak kalah dengan air kelapa muda.

Perbandingan Kelapa Muda dan Kelapa Tua

Bagi Anda yang sering meminum air kelapa muda, air kelapa tua mungkin akan terdengar aneh untuk dikonumsi. Namun ternyata khasiat air kelapa tua juga tak kalah luar biasa. Bersumber dari Hellosehat.com, secara umum, air buah ini mengandung 16 kalori dan 4,1 gram gula. Sedangkan daging yang terkandung di dalamnya mengandung 77 kalori, 1,4 gram protein, 3.6 gram lemak, 10 gram gula, 257 gram kalium, dan 6 miligram vitamin C

Buah bernama latin Cocos nucifera ini juga ternyata mengandung kalium yang lebih tinggi dibanding minuman olahraga. air kelapa Bahkan, kandungan kaliumnya lebih tinggi dibandingkan empat buah pisang. Air yang terkandung di kelapa muda lebih jauh lebih banyak dibandingkan kelapa tua. Jadi kelapa muda cocok dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan kita.

Namun sayangnya, kandungan daging buah yang muda lebih sedikit dibanding yang tua. Sebab, lebih dari 95 persen isi kelapa muda adalah air. Namun, teksturnya lebih halus dan lembut.O iya, tapi, tidak semua kelapa muda mengandung banyak air. Sebab, jumlah air per butih kelapa bergantung pada ukuran buahnya.

Kandungan nutrisinya pun juga tidak selalu sama, tergantung dari jenis kelapa dan umur buahnya. Tahukah teman-teman? Ternyata kandungan nutrisi dari air maupun daging buah kelapa yang sudah tua, secara umum lebih tinggi dibanding kelapa muda. Sebab, bersumber dari Hellosehat.com, seiring berjalannya waktu di atas pohon, Cocos nucifera akan terus mengalami kenaikan berat dan ukuran. Nah, semakin tua umur buah, jumlah kandungan air serta dagingnya akan semakin lengkap dan maksimal. Daging buah kelapa Cocos nucifera yang tua lebih tebal. Namun, teksturnya lebih kasar karena mengandung mengandung banyak serat, dan rasanya gurih. Daging buah yang tua juga mengandung 30% minyak nabati lebih banyak dibanding yang muda.

Mana yang Lebih Baik antara Kelapa Muda dan Kelapa Tua

Baik kelapa tua, maupun kelapa muda, sama-sama bisa memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh kita. Lalu, mana yang lebih baik? Ini tergantung dari jenis kebutuhan dan metabolisme tubuh kita, teman-teman. Jika teman-teman ingin mendapatkan isotonik alami atau kehilangan banyak cairan akibat diare, kelapa mudalah yang baik untuk dikonsumsi. Jika kita ingin mendapatkan manfaat yang lebih maksimal lagi, kita bisa mengonsumsi kelapa tua. Kelapa tua bisa diolah menjadi santan dan juga berbagai makanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel