Biaya Rumah Sakit Mahal, Mending Rajin Makan Daun Kenikir dari Sekarang, Dijamin Bikin Penyakit Mematikan Ini Enggan Mampir di Tubuh


 yang banyak tumbuh Indonesia. Umumnya tanaman ini biasa tumbuh di pekarangan rumah dan memiliki bunga cantik beragam warna. Tanaman ini memiliki banyak cabang dan daunnya memiliki bau khas dan rasanya agak pahit.Namun di balik rasanya yang pahit, daun kenikir memiliki segudang khasiat untuk kesehatan.

Maka tak heran, sejak dulu daun kenikir ini kerap dijadikan lalapan makanan oleh sebagian kalangan. Manfaatnya pun beragam, mulai dari mencegah penyakit hipertensi hingga obat lemah jantung. Sayang sekali jika Anda melewatkan manfaat daun kenikir dan kelezatannya ini.Nah, berikut ini adalah ulasan lengkap tentang manfaat daun kenikir yang bisa diambil.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

1. Kaya antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang bertugas untuk menagkal efek buruk dari radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam Journal Pharmacology, ada sekitar 37 sayuran mentah diujicobakan, daun kenikir mengadung jenis antioksidan flavonoid yang tinggi. Para peneliti meyakini bahwa jenis antioksidan yang terkandung dalam daun kenikir berdampak positif untuk mencegah gangguan pencernaan.selain itu, daun kenikir turut dilengkapi dengan senyawa fenol (sejenis flavonoid) yang berkhasiat sebagai bahan dasar obat-obatan.

2. Mencegah penyakit hipertensi

Daun kenikir dipercaya memiliki efek antihipertensi, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh orang yang berisiko terkena hipertensi. Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Research in Medical Sciences, daun kenikir dapat menghambat peningkatan frekuensi detak jantung pada hewan uji coba.

Dibandingkan hasil penelitian tersebut setara dengan efek yang ditimbulkan dari obat antihipertensi. Selain itu, ada hal menarik yang semakin memperkuat manfaat daun kenikir selain untuk mencegah hipertensi. Sayuran ini bisa membantu menurunkan tekanan darah berkat efek diuretik daun kenikir.

3. Menurunkan penyakit diabetes

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Research in Medical Sciences, daun kenikir memiliki efek antidiabetes. Para peneliti menemukan adanya penurunan gula darah yang cukup signifikan. Daun kenikir memiliki enzim yang mampu menghambat penyerapan glukosa di dalam sistem pencernaan. Daun kenikir juga berpotensi mengelola kondisi hiperglikemia atau kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh.

4. Obat lemah jantung

Daun kenikir mengandung manfaat antioksidan dan flavonoid yang berperan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika di area jantung, senyawa flavoid ini akan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dengan car memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Jika di area jantung, senyawa flavoid ini akan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dengan car memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah.

Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan

Selain daun kenikir, ada juga daun beluntas yang merupakan sayur kaya gizi namun jarang dilirik. Daun beluntas mengandung vitamin C yang diperlukan untuk daya tahan tubuh.

Menambahkan sesendok makan madu ke dalam air rebusan daun beluntas dipercaya bisa mengembalikan stamina, serta menghilangkan pegal linu dan rematik. Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan daun beluntas lainnya, seperti mengatasi masalah keputihan dan nyeri haid pada wanita. Air rebusannya yang berwarna kuning juga dipercaya bisa membantu memperlancar ASI pada ibu yang baru melahirkan.

Di negara tetangga, seperti Thailand, beluntas juga dijadikan semacam minuman teh untuk kesehatan. Ini karena beluntas mengandung nutrisi dan bahan bioaktif bagi kesehatan. Meskipun demikian, mengonsumsi daun beluntas sebagai bumbu masakan atau teh, bisa tidak baik bagi beberapa orang yang punya masalah diuretik karena akan membuatnya sering buang air seni.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel