Astaga! Bukannya Sehat Malah Bikin Mati Muda, Minum Air Rebusan Daun Sirsak Ternyata Bisa Sebabkan Malapetaka Ini di Tubuh, Jangan Asal Minum


Salah satu minuman herbal yang sering dikonsumi untuk kesehatan adalah air rebusan daun sirsak. Ya, selain buahnya, daun sirsak memang kerap dikonsumsi sebagai salah satu bahan alami untuk mengobati berbagai penyakit. Air rebusan daun sirsak dipercaya mampu mencegah kanker dan mengobati penyakit kulit. Bahkan, air rebusan daun sirsak juga dipercaya mampu mengatasi penyakit diabetes dan osteoporosis.

Namun dibalik segudang khasiat yang dimiliki oleh air rebusan daun sirsak, rupanya ada bahaya yang mengintai bagi yang mengonsumsinya secara berlebih. Apa saja bahayanya? simak ulasannya agar Anda lebih waspada.

Efek Samping Konsumsi Air Rebusan Daun Sirsak Berlebih

Seperti malaria, tumor, hipotensi, kanker, dan beberapa penyakit ganas lainnya, dun sirsak memang dipercaya ampuh mengatasi berbagai penyakit. Biasanya Anda dapat mengonsumsinya dengan diminum sebagai teh herbal yang alami dan menyegarkan. Namun, siapa sangka daun sirsak juga bisa berbahaya jika diminum secara berlebihan. Melansir dari drhealthbenefits.com, berikut risiko penyakit yang terjadi saat kalian mengonsumsi daun sirsak secara berlebih.

1. Penyakit Parkinson

Beberapa penelitian membuktikan bahwa daun sirsak memiliki senyawa kimia yang juga ada pada manusia yang menderita parkinson. Jadi, untuk kalian yang memiliki riwayat penyakit parkinson atau sedang menderita penyakit ini perlu menghindari daun sirsak. efek samping minum air rebusan daun sirsak jika dikonsumsi berlebih Hal ini karena dapat membuat gejala kalian menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

2. Masalah Neurotoksisitas

Menurut beberapa peneliti, mengonsumsi teh sirsak secara berlebihan akan membawa kalian pada masalah yang berkaitan dengan neurotoksisitas. Neurotoksisitas adalah sejenis kerusakan otak yang pada akhirnya dapat mengganggu neuron.

Gejala gangguan neurotoksisitas ini sangat berbahaya, seperti hilang ingatan, sakit kepala, dan disfungsi seksual. Jadi, sebaiknya konsumsi teh sirsak dalam jumlah sedang.Jika mengkonsumsinya 2 atau 3 cangkir per hari, kamu akan aman dan tidak akan ada efek berbahaya pada tubuh, termasuk masalah neurotoksisitas ini.

3. Tekanan Darah Rendah

Ada beberapa percobaan yang dilakukan pada hewan bukti bahwa daun sirsak dapat menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh. Jadi, sangat berbahaya jika penderita darah rendah mengkonsumsinya dan harus menghindarinya dengan cara apapun.

Namun, jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, kamu juga harus mewaspadai dosis daun ini saat mengonsumsi. Karena jika terlalu sering dikonsumsi dapat menyebabkan berbagai masalah seperti neurotoksisitas seperti yang telah disebutkan di atas, dan juga muntah atau mual.

Selain air rebusannya, buhah sirsak juga tidak disarankan dikonsumsi oleh orang dengan kondisi tertentu. Bahaya Buah Sirsak  pada Orang dengan Kondisi Tertentu

1. Orang yang mengonsumsi antidepresan

Jika Anda sedang menjalani pemulihan pascadepresi dan mengonsumsi obat-obatan antidepresen, sebaiknya menghindari konsumsi sirsak karena dapat menghilangkan manfaat antidepresan.

2. Infeksi

Mengonsumsi sirsak untuk waktu yang lama dapat menyebabkan perkembangan infeksi jamur di dalam tubuh.

3. Ibu hamil

Konsumsi buah sirsak secara berlebihan dapat merangsang kontraksi uterus. Ibu hamil biasanya tidak direkomendasikan mengonsumsi sirsak karena dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran atau persalinan prematur. Meski begitu, jika Anda ingin mengonsumsinya, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ataupun bidan kandungan Anda.

Nah untuk itu perhatikan kondisi tubuh serta efek samping yang terjadi setelah konsusmi air rebusan sirsak maupun buahnya.Pengobatan yang terbaik adalah pencegahan sebelum terjadi hal yang diiiginkan. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel