Tips Mudah Menyimpan Cabe Agar Tahan Lama Hinga Berbulan-bulan, Tidak Busuk dan Mengubah Rasa Pedas-Nya..!!

 Cabe Rawit termasuk salah satu bumbu masakan paling sering digunakan khususnya bagi mereka yang menyukai masakan rasa pedas. Pada umumnya masyarakat Asia khususnya Indonesia banyak menyukai jenis masakan dengan cita rasa pedas, manis atau rasa pedas manis atau asam sesuai ciri khas masakan daerah tertentu.


Tingginya penggunaan cabe sebaiai bumbu yang harus selalu ada didapur membuat permintaan cabe kian meningkat sehingga harganya kian meningkat apalagi memasuki musim hujan biasanya harga cabe akan terus naik.

Pada musim penghujan cabe akan mudah busuk dan rusak baik ditingkat petani atau konsumen dan akibatnya sering kehabisan stok. Bagaimana cara agar cabek tidak mudah busuk dan rusak? terlebih pada musim hujan

Ada beberapa tips agar cabe tidak busuk saat disimpan lebih lama, walaupun kondisi cuaca lembab yang seringkali menjadi penyebab utama cabe mudah rusak.


  1. Saat membeli cabe pastikan memilih berkualitas cabe yang baik dengan cara memencet bagian tengah, pilihlah cabe yang agak keras dan terlihat segar apalagi jika membeli dalam jumlah banyak tentu akan sanat merugikan jika memilih cabe yang kualitas kurang baik
  2. Simpan cabe pada tempat yang kering dan tidak lembab, jika anda menggunakan plastik sebagai media penyimpanan saat membeli segera keluarkan dari dalam plastik dan angin-anginkan untuk memastikan cabe tidak lembab akibat uap selama dalam plastik.
  3. Masukkan dalam kulkas, namun sebelumnya pastikan cabe tidak dalam kondisi lembab atau basah.
  4. Jangan mencuci cabe setelah membeli, lebih baik cuci saat akan dipakai untuk memastikan cabe tetap dalam kondisi segar dan tidak lembab.
  5. Jika tidak memiliki kulkas simpan cabe pada wadah yang berventilasi sehinga terhindar dari kelembaban dan letakkan pada tempat yang tekena angin dan tidak lembab


Jadi biar awet saya cuci bersih cabai nya, pisahkan cabai hijau dan merah (ini cabe rawit, saya pisah bagian hijau dan merah) lalu saya tiriskan airnya sampai kering. Saya bungkus plastik kecil2 kemudian saya masukan freezer. Ini sudah berbulan-bulan, masalah tekstur, rasa dan warna gak berubah. Ambil sesuai. Kebutuhan ya, cabai yg sudah di keluarkan dari freezer harus segera di masak karena bisa cepat rusak kalau layu.

Apabila anda tidak memiliki kulkas atau lemari pendingin, maka anda bisa menyimpan cabai tersebut pada wadah yang memiliki lubang sehingga tidak akan lembab. Kemudian, simpan atau letakan pada tempat yang terkena angin serta tidak lembab.

Cara-cara di atas bisa anda terapkan agar cabai yang anda beli tetap segar dan tidak akan mudah busuk apalagi jika anda membelinya dalam jumlah yang banyak. Itulah cara menyimpan cabai agar tetap segar dan tidak mudah busuk. Selamat mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel