Meski Baunya Menyengat, Namun Inilah 3 Manfaat Air Rebusan Pete Yang Jarang Diketahui

Bukan hanya bagian biji Pete saja yang mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, kulit Pete juga kaya akan kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti flavonoid, alkaloid, polisulfida siklik, djenkolic acid, dan carboxylic acid.


Selain itu, kulit petai atau pete juga mengandung senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal penyebab penyakit. Sebagaimana yang dilansir blogdokter.com (14/07/2018). Lantas, apa saja manfaatnya?

Berikut adalah beberapa manfaat kulit pete bagi kesehatan sebagaimana yang dilansir kompas.com (13/07/2018) antara lain :

1. Mengatasi Diabetes

Diabetes terjadi karena kadar gula darah tinggi sehingga menyebabkan sekresi insulin tidak berjalan seperti semestinya. Nah untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa meminum air rebusan kulit pete yang dicampur dengan sedikit gula merah. Untuk hasil maksimal, minum 2 kali sehari hingga gula darah kembali normal.

2. Mengatasi Asam Urat

Asam urat bisa bisa menyebabkan penderitanya mengalami nyeri atau pembengkakan pada bagian persendian. Selain secara medis, ada cara tradisional yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam urat, yaitu dengan meminum air rebusan kulit pete 2 gelas sehari selama 5 hari. Asam urat yang sering dialami orang yang berusia di atas 35 tahun dipercaya segera hilang.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Setiap orang tentu menginginkan memiliki kulit yang sehat serta terlihat awet muda, terutama bagi wanita. Nah, untuk mewujudkan itu semua, tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Anda hanya perlu meminum air rebusan kulit pete yang sudah dicampur dengan sedikit madu 1 gelas sehari. Lho, kok bisa? Karena kandungan asam fenolik yang ada pada kulit pete dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit serta mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini.

Nah, itulah beberapa manfaat air rebusan kulit pete bagi kesehatan. Jika ada yang kurang jelas dalam penyampaian, silahkan ditanyakan melalui kolom komentar. Semoga artikel di atas bermanfaat, dan mohon maaf jika ada kesalahan terhadap penulisan.

sumber : tipsdokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel